Tes Kesehatan Calon Pramugari Meliputi Apa Saja?

Tes Kesehatan Calon Pramugari Meliputi Apa Saja? Tes kesehatan pramugari meliputi apa saja ya? Calon pramugari tentunya pasti akan mendapatkan seleksi tes kesehatan dari maskapai yang dilamar.

Ada banyak sekali jenis-jenis tes kesehatan yang akan dijalani oleh calon pramugari. Dan calon pramugari wajib melalui tes tersebut dengan baik agar tidak gagal. Penasaran apa saja tes kesehatannya? Berikut ulasannya;

Tes EKG (Jantung)

Tes kesehatan jantung untuk memastikan bahwa pramugari benar-benar memiliki jantung yang sehat. Tidak dipekenankan bagi calon yang menderita penyakit jantung untuk menjadi seorang pramugari.

Biasanya calon akan diminta untuk berbaring dan membuka baju. Berbagai kabel akan ditempelkan pada tubuh calon. Pemeriksaan dilakukan pada bagian jantung, nadi tangan dan kaki calon pramugari.

Baca Juga : Apakah Pramugari Harus Bisa Bahasa Inggris? Inilah Jawabannya

Tes Mata Pramugari

Calon pramugari juga akan mendapatkan tes mata. Beberapa tes mata akan dilakukan untuk memeriksa apakah mata dalam kondisi baik dan memenuhi persyaratan untuk menjadi pramugari.

Beberapa tes mata yang dilakukan adalah tes yang berkaitan dengan mata. Tes tersebut seperti tes buta warna, tes minus/silinder, tes jarak pandang, pergerakan mata dan lain-lain. Misalnya, calon diminta mencari tanda bulat O atau tanda lengkung bulan C di gambar.

Tes Urine (Air Seni)

Dalam tes urine, calon pramugari akan diminta untuk menampung urine dalam wadah kecil. Kemudian wadah tersebut akan diperiksa di laboratorium. Tes urine ini bertujuan untuk memeriksa apakah calon pernah menggunakan obat tertentu seperti narkoba dan obat-obatan lain.

Dari hasil tes urine juga akan dapat dilihat apakah calon memiliki penyakit tertentu. Selain itu, tes urine juga untuk memeriksa apakah calon dalam keadaan hamil atau tidak.

Tes Rontgen (Paru-paru) dan Spirometri (Pernafasan)

Tes kesehatan pramugari meliputi apa saja ya? Berikutnya adalah tes rontgen (paru-paru) dan spirometri (pernafasan). Biasanya calon akan diminta untuk membuka seluruh baju dan mengenakan jubah khusus. Kemudian, calon diminta untuk menempelkan tubuh ke papan khusus.

Setelahnya, calon akan mendapat hasil print out rontgen paru-paru. Pemeriksaan ini berfungsi untuk mengecek apakah paru-paru dan sistem pernapasan calon pramugari dalam keadaan baik dan sehat.

Tes Gigi Pramugari

Kesehatan gigi yang baik tentu juga menjadi salah satu syarat penting bagi calon pramugari. Calon akan diperiksa struktur giginya. Misalnya, apakah gigi calon memiliki tambalan atau berlubang. ‘Jika calon memiliki gigi bolong, maka perlu ditambal terlebih dulu. Sebab, gigi yang bolong bisa membuat ngilu saat pesawat melakukan take off atau landing.’

Tes Audiometri (Pendengaran)

Pendengaran yang baik juga merupakan salah satu aspek yang menunjang kinerja seorang pramugari. Sebab, pramugari akan berkomunikasi langsung dengan seluruh penumpang pesawat.

Dalam tes audiometri ini, calon akan masuk kedalam ruang kedap suara dengan mengenakan headset. Kemudian, calon akan diminta menekan tombol tertentu jika mendengar suara dalam ruangan tersebut. Tes ini dilakukan secara bergantian antara telinga kanan dan telinga kiri.

Baca Juga : Definisi Flight Attendant Dalam Bahasa Indonesia Lengkap Dengan Tugas Tugasnya

Tes Fisik Pramugari

Tes fisik untuk menjadi pramugari bukanlah tes fisik seperti harus melakukan lari, push up dan lain sebagainya. Biasanya dokter akan bertanya seputar kebiasaan merokok, riwayat penyakit dan alur menstruasi. Dalam tes fisik ini juga akan diperiksa kondisi kesehatan badan dan tulang.

Misalnya, calon diminta untuk berdiri diatas satu kaki dengan tangan direntangkan ke belakang. Tes ini berfungsi untuk memeriksa apakah calon pramugari memiliki keseimbangan badan yang baik dan kondisi tulang yang sehat.

Nah, itulah sedikit ulasan diatas mengenai Tes kesehatan pramugari meliputi apa saja ya? semoga dapat memberi manfaat bagi Anda para calon pramugari.

Tentunya, dengan sedikit mengetahui tes apa saja yang Anda dapatkan nantinya. Anda bisa menyiapkan fisik dan mental Anda untuk menjalani tes kesehatan dengan sebaik-baiknya. Jangan lupa merawat kesehatan ya calon pramugari!

Informasi Sekolah Penerbangan

Bagi kalian yang berminat bekerja di dunia penerbangan, seperti menjadi pramugari, pramugara, ataupun staff penerbangan tidak ada salahnya mengikuti pendidikan di sekolah penerbangan. FAAST Penerbangan merupakan salah satu sekolah penerbangan terbaik yang ada di Indonesia.

FAAST Penerbangan memiliki fasilitas yang memadai, didukung dengan instruktur yang berpengalaman dibidangnya, serta biaya pendidikan yang terjangkau membuat sekolah ini menjadi sekolah penerbangan yang wajib kalian pilih. Untuk informasi selengkapnya kalian bisa mengunjungi website FAAST Penerbangan.

Demikian ulasan tentang Tes Kesehatan Calon Pramugari Meliputi Apa Saja? Semoga dapat bermanfaat.